SEO (Search Engine Optimization) adalah proses pengoptimalan agar situs website masuk peringkat atas pada mesin pencarian. SEO Sekarang ini menjadi suatu hal yang wajib dilakukan untuk membangun website. Berikut pentingnya SEO untuk sebuah website dalam bisnis :
1. Bisnis mudah ditemukan
2. Mesin pencari sumber informasi
3. Traffik meningkat
4. Kredibilitas meningkat
Kebutuhan desain web seo friendly menjadi salah satu hal yang berpengaruh bagi keberhasilan SEO.

Berikut 10 Kriteria Desain Website yang SEO Friendly :

1. User Friendly/User Experience

Website yang mudah untuk adalah user friendly (mudah digunakan oleh pengunjung website).
Nagivasi yang mudah dalam menjelajahi website, dan kelengkapan fitur menjadi aspek website ramah pengunjung.

Website yang memiliki konten skema yang terstruktur dan dilengkapi fitur pencarian akan memiliki nilai lebih baik dibandingkan dengan website serupa tanpa fitur pencarian.

Hal penting lainnya adalah responsivitas website ketika dijelajahi pengunjung, semakin cepat sebuah halaman terbuka maka akan semakin nyaman bagi pengunjung.

2. Struktur Website
Optimasi website agar memiliki desain yang ramah pengguna meliputi optimasi konten, struktur konten dan navigasi untuk mengujungi beberapa halaman website. Faktor navigasi yang memudahkan pengunjung dan struktur URL yang mudah dikenali atau dibaca oleh mesin pencari. Pilihan URL yang ambigu atau kurang jelas bisa membuat sebuah situs dinilai kurang baik.

3. Navigasi Berbasis Teks

Salah satu elemen kunci dari sistem navigasi yang baik adalah mudah dikenali dan kemudahan dikenali ini bisa diperoleh menggunakan sistem navigasi berbasis teks. Teks akan lebih mudah dipahami pengunjung serta dikenali oleh mesin pencari.

4. Desain Tampilan

Desain tampilan sebuah website yang baik dan ramah SEO juga harus memiliki layout yang ramah pengguna. Desain tampilan yang baik juga memudahkan pengguna melakukan navigasi dalam menjelajahi website. Desain web seo friendly juga membutuhkan elemen yang ingin ditonjolkan, sebagai daya tarik saat pertama kali pengunjung membuka website.

5. Pengelolaan Tags

Menggunakan tag judul, tag header, tag alt gambar, dan tag deskripsi meta dengan benar.

6. Pilihan Kata Kunci atau Keyword

Melakukan penelitian kata kunci, memilih kata kunci dan topik yang tepat, dan menggunakannya di tempat yang tepat di halaman seperti judul, paragraf pertama, sub judul dan paragraf terakhir.

7. Kualitas Konten

Membuat konten yang berkualitas berkaitan dengan struktur konten yang diawali dengan definisi dan dilanjutkan dengan topik ini yang dibahas dengan baik dan jelas. Penempatan gambar, dan video terkait sehingga konten berkualitas dan ramah pembaca.

8. Optimasi Nama File

Optimasi nama file terkait berupa gambar, video atau pdf dengan penamaan yang relevan dengan judul dan kata kunci yang tersemat pada konten tersebut. Metode ini memungkinkan gambar, teks maupun video muncul dalam pencarian google yang bisa menjadi salah satu pengunjung tertarik mengunjungi website dan menghasilkan traffic.

9. Pengelolaan Tautan

Tautan merupakan media yang digunakan oleh “crawler” yang menjadi penilai dalam algoritma Google. Internal link menghubungkan antar halaman di sebuah website yang sama. Sedangkan external link menghubungkan sebuah laman di website yang dioptimasi dengan halaman lain di website yang berbeda.

10. Mobile Friendly

Meningkatnya pengguna smartphone dan banyaknya ragam ukuran device menjadi pergeseran tren bagi user untuk mengubah kebiasaan dalam berselancar di internet. Dampaknya performa dan kenyamanan website harus ditingkatkan dengan membuat desain website menjadi mobile friendly, dan hal ini juga berkaitan dengan user experience.

Buat websitemu agar Seo Friendly bersama kami.
Kunjungi www.penjurumedia.com atau hubungi 0819-1466-6966
Penjuru Media
Empowering Your Brand Through Digital
Follow @penjurumedia

Trusted by some of the biggest brands

We’re Waiting To Help You

Get in touch with us today and let’s start transforming your business from the ground up.

Book A Consultation