Jenis atau Tipe Ancaman Cyber Security

 

Malware

Salah satu teknik ancaman cyber security yang paling umum saat ini adalah serangan malware (malicious software) atau perangkat lunak berbahaya. Sederhananya, malware adalah program yang dirancang khusus oleh peretas untuk mengeksploitasi dan merusak perangkat, server, atau jaringan.

Ransomware

Pada dasarnya, ransomware adalah salah satu jenis serangan malware yang paling berbahaya. Perangkat lunak ini dapat merusak dan mengunci data. Selain itu, ransomware ini dapat melumpuhkan seluruh perangkat kamu, sehingga kamu tidak akan pernah dapat mengakses dan menggunakannya.

Phishing

Phishing adalah jenis kejahatan dunia maya di mana korban ditipu untuk membocorkan informasi sensitif, seperti detail kartu kredit, melalui email, panggilan telepon, atau pesan teks. Dalam penyerangan ini, pelaku menyamar sebagai badan hukum dan mengirimkan pesan yang berisi URL/website yang didesain agar terlihat resmi dan profesional.

Emotet

Cyber security and Infrastructure Security Agency (CISA) menggambarkan emotet sebagai bentuk lanjutan dari Trojan perbankan modular yang bertindak sebagai pengunduh atau penetes untuk Trojan perbankan lainnya. Emotet masih menjadi salah satu malware paling mahal dan merusak saat ini.

DoS (Denial of Service)

Denial of service (DoS) adalah jenis serangan siber yang menyerang komputer atau jaringan sehingga tidak dapat menanggapi permintaan.

Spoofing

Sederhananya, spoofing adalah tindakan seorang hacker yang menyamar sebagai seseorang yang kamu kenal untuk melakukan berbagai tindakan kriminal. Metode ancaman cyber security ini tidak sama dengan ancaman siber lainnya. Namun, ancamannya tetap berbahaya. Spoofing juga dapat menargetkan jaringan dan server. Penyerang kemudian menggunakan identitas palsu untuk mengelabui jaringan/server.

Serangan kata sandi

Dengan memasukkan kata sandi yang benar, penyerang cyber dapat memperoleh akses ke banyak informasi. Rekayasa sosial adalah jenis serangan kata sandi yang oleh Data Insider disebut sebagai strategi serangan keamanan siber yang menggunakan interaksi manusia untuk melanggar praktik keamanan standar.

 

Mengetahui jenis atau tipe ancaman cyber security merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pengguna internet aktif dan pekerjaan dari cyber security.

 

Sumber artikel

Trusted by some of the biggest brands

We’re Waiting To Help You

Get in touch with us today and let’s start transforming your business from the ground up.