Apa itu audit website dapat dijelaskan sebagai proses pemeriksaan dan perbaikan secara menyeluruh terhadap berbagai aspek website. Meskipun menyasar hampir semua bagian dari sebuah website, audit ini utamanya menyasar pada optimasi user experience dan SEO.

Prosedurnya bisa dimulai dari pemeriksaan broken link, pemeriksaan gambar, mengoptimalkan kecepatan loading website hingga menambal celah keamanan.

Dari penjelasan tersebut, bisa diketahui bahwa audit website dapat mengoptimalkan potensi website. Dan apabila dikerjakan secara rutin dan konsisten, maka website senantiasa menunjukkan performa terbaik hingga lebih direkomendasikan oleh mesin pencari.

 

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Dalam Proses Audit Website

1. Pemeriksaan Desain

Desain website menjadi elemen krusial yang ikut menentukan UX sehingga wajar jika mendapat perhatian utama.

Tak sekedar tampilan website dan konten yang bagus dan menarik, Anda juga perlu memastikan bahwa visual website bisa benar-benar memuaskan para pengunjungnya. Beberapa yang perlu diperhatikan pada segi desain ini antara lain:

  • Penempatan iklan dan pop-up yang sebisa mungkin tidak membuat pengunjung sebal
  • Isi atau teks, baik pada navigasi maupun konten dan sebagainya, harus nyaman dibaca
  • Penempatan Call-to-Action (CTA) yang jelas namun tidak mengganggu

2. Pemeriksaan tampilan website di perangkat mobile  

Untuk memastikan website Anda tetap konsisten da bekerja dengan baik saat diakses dari browser ponsel, Anda bisa menggunakan bantuan tools dari Google, yaitu Mobile-Friendly Test.

3. Periksa Penggunaan HTTPS

HTTPS dapat mencegah peretas untuk membobol dan menyuntikkan virus pada data website Anda.

4. Pemeriksaan Navigasi

Pastikan bahwa menu navigasi di website sudah jelas dan memudahkan pengunjung untuk menemukan apa yang sedang dicari.

5. Pemeriksaan robots.txt dan sitemap XML

Komponen yang wajib ada di setiap website ini juga perlu dipastikan dapat bekerja dengan baik agar website Anda dapat terindex dan strukturnya dikenali oleh Google.

6. Periksa Kecepatan Loading Website

Saat ini, situs yang lambat dimuat cenderung akan langsung ditinggalkan oleh pengguna internet. Untuk memastikan website Anda dapat dimuat dengan cepat, manfaatkan tools dari Google yaitu PageSpeed Insights. Pastikan nilai website Anda mendapat nilai di atas 90.

7. Pemeriksaan Penggunaan Keyword  

Pada beberapa jenis postingan, Anda pastinya menggunakan kata kunci atau keyword untuk tujuan optimasi atau SEO. Pastikan keyword yang digunakan efektif dan tidak berlebihan.

 

Itulah tadi penjelasan tentang apa itu audit website dan hal-hal yang dilakukan pada saat melakukannya ke website. Hal di atas menjadi hal mendasar yang perlu dilakukan secara rutin untuk selalu memastikan website selalu dalam performa terbaiknya.

 

Sumber artikel

 

Trusted by some of the biggest brands

We’re Waiting To Help You

Get in touch with us today and let’s start transforming your business from the ground up.