Tips memilih nama domain adalah salah satu langkah penting yang perlu diperhatikan dalam membangun website untuk brand. Pasalnya, di dalam sebuah website, domain memiliki fungsi sebagai sebuah identitas bagi brand.

 

1. Pastikan Nama Domain Tersedia

Cara memilih domain yang tepat adalah dengan memastikan bahwa nama domain yang digunakan tidak pernah dipakai oleh pengguna lain. Apabila sudah pernah digunakan, pastikan kembali reputasi yang ada pada domain tersebut baik dan tidak dianggap buruk.

 

2. Pilih Domain yang Kreatif dan Brandable

Usahakan menggunakan nama yang kreatif, unik, dan brandable supaya kegiatan branding yang dilakukan nantinya jauh lebih mudah. Selain itu, domain tentunya menjadi sesuatu yang diingat, dicari, dan akan disebarkan oleh para pengunjung dan customer dari website yang dimiliki.

 

3. Domain Mudah Diketik

Perhatikan apakah ada pengulangan dalam penggunaan huruf misalnya huruf “e” dalam kata “keep” kemungkinan akan membuat orang kesulitan saat mengetiknya. Oleh karenanya, harus bisa menyiasati dan menghindari adanya pengulangan huruf pada domain.

 

4. Singkat dan Mudah Diingat

Pasalnya jika terlalu panjang, kemungkinan dari para pengunjung merasa kesulitan untuk mengeja ataupun kesulitan dalam mengetik alamat domain. Apabila memakai nama domain yang pendek dan bagus maka kemungkinan terjadinya hal-seperti ini akan lebih kecil.

 

5. Gunakan Nama Brand

Cara memilih domain yang tepat adalah dengan menggunakan nama brand. Dengan adanya brand, layanan, ataupun produk yang dimiliki, tentunya akan lebih mudah untuk dipercaya dan lebih dikenal oleh calon pembeli.

 

6. Gunakan Kata Kunci Industri di Domain

Semisal, apabila sudah mempunyai usaha bisnis makanan, masukkan keyword “catering” dalan nama domain. Dengan penggunaan kata kunci di domain tersebut, maka akan mempermudah SEO website untuk muncul pada halaman pertama di hasil penelusuran. Lantas,

 

7. Jangan Menggunakan Tanda Baca

Adapun tanda baca semisal tanda hubung (- atau _) dan yang lainnya tidak disarankan untuk digunakan dalam membuat website ataupun nama domain. Penggunaan tanda dan simbol seperti itu malah mempersulit para pengunjung website untuk mengisikan  alamat domain pada web browser.

 

Itulah beberapa tips memilih nama domain yang bisa dicoba ketika membangun sebuah website. 

 

Sumber artikel

Trusted by some of the biggest brands

We’re Waiting To Help You

Get in touch with us today and let’s start transforming your business from the ground up.