JAKARTA – Di tengah ramainya industri smartphone, powerbank menjadi salah satu aksesoris yang diperlukan pengguna. Tampil dengan berbagai bentuk dan ukuran, power bank palsu juga ikut dijual bebas dan mengecewakan penggunanya.

Power bank palsu mengecewakan karena isi powerbank tersebut biasanya tidak sesuai dengan labelnya. Padahal, kapasitas baterai tertentu telah diperhitungkan calon pembeli untuk cadangan baterai perangkatnya.

Lalu bagaimana membedakan antara powerbank yang asli dan palsu? Menurut phone area, kebanyakan powerbank yang tersedia saat ini berisi 2.000-10.000 mAh. Bentuk serta ukuran dan harganya tentu bergantung isi kapasitas.

Model terbesar yang ada di pasaran berisi 50.000-100.000 mAh dan harganya cukup fantastis. Namun beberapa merek powerbank seperti OnePlus, Aukey dan merek yang terjual di Amazon memang dijual dengan harga miring walaupun kapasitasnya cukup besar.

Jika Anda menemukan powerbank dengan kapasitas lebih dari itu besarnya, kemungkinan besar powerbank tersebut palsu. Faktanya, jika powerbank 100 ribu mAh benar-benar ada, maka dia akan berukuran sebesar satu tas punggung.

Tempat yang mudah untuk menemukan adalah di eBay atau marketplace. Mereka biasanya dijual tanpa merek dan harganya tidak masuk akal. Untuk itu, riset terlebih dahulu powerbank yang hendak Anda beli sebelum melakukan transaksi.

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2016/02/12/92/1310774/tips-membedakan-powerbank-asli-palsu