Select Page

Seperti halnya memberikan nama pada sebuah karya yang kita buat, salah satu yang penting dalam penggunaan Watermark pada suatu karya adalah sebagai Hak Cipta dan Identitas Pembuat dari karya tersebut. Sebuah karya yang kita publikasikan tanpa adanya Watermark akan mudah sekali diklaim oleh orang atau pihak yang tidak bertanggung jawab, kecuali jika memang kita ingin mempublikasikan dan memberikan kepada semua orang secara gratis, oleh sebab itu penggunaan Watermark sangatlah penting untuk mencegah seseorang menjiplak hasil karya yang sudah kita buat.

Penggunaan Watermark dalam suatu karya pun harus diperhatikan, jangan asal memberi watermark pada suatu karya yang pada akhirnya seseorang yang menjiplak bisa lebih pintar untuk menghapus identitas yang sudah kita tempatkan dalam sebuah karya.

Tips Memberikan Watermark

Beberapa tips memberikan watermark pada suatu karya:

1. Gunakan Logo atau nama perusahaan anda pada karya yang ingin dipublikasikan.
2. Hal yang paling penting adalah Watermark ditempatkan pada tempat yang tidak mudah untuk dihapus/dicrop seperti di tengah point of interest pada sebuah karya.
3. Jika memungkinkan, jadikan Watermark sebagai bagian dari objek pada karya anda.
4. Ukuran tidak harus besar memenuhi layar, walau pun ukuran watermark kecil tetapi penempatan yang baik, watermark itu akan efektif.
5. Sebuah Karya dalam bentuk Audio, watermark dapat berupa oversound dari nama perusahaan kita yang diselipkan pada konten suara yang kita buat.
6. Perhatikan kontras warna antara background karya dan watermark.